Jejak Terlupakan Nepal

Jalan setapak yang dibuat untuk meningkatkan pariwisata di Nepal yang jarang dikunjungi saat ini masih dalam masa pertumbuhan ketika gempa besar terjadi dua tahun yang lalu. Jalur hiking Ini tetap terbuka dan masyarakat pemberani dalam perjalanan sangat membutuhkan lebih banyak pengunjung dan investasi

Resepsionis muda di kantor wisata Kathmandu Nepal menatap dengan tatapan bingung saat saya bertanya tentang The Native Peoples Trail. Itu bukan awal yang baik dalam pencarian saya untuk mendaki salah satu treks Nepal yang kurang dikenal secara independen. Tapi saya tipe keras kepala, petualang dan bahkan jika pembuat jejak tidak tahu bagaimana menolong saya, saya teguh untuk pergi.

Jejak Penduduk Asli / Masyarakat Adat (IP) adalah sebuah jalan yang berfokus pada kebudayaan, bebas ijin, dan ketinggian rendah yang diciptakan bersama pada tahun 2011 oleh dewan pariwisata Nepal dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam upaya untuk meningkatkan pariwisata di distrik Ramechhap. Kawasan yang jarang dikunjungi ini, hanya 50 mil sebelah timur Kathmandu, yang berada di puncak Mahabarat, atau Lesser Himalaya, memiliki jangkauan campuran antara Tamang, Newari, Lama, Sherpa, Yolmo, Thami dan Majhi.

Apapun, atau mungkin karena, dari perbedaan mencoloknya dari tempat minum teh dataran tinggi yang terawat dengan baik dari base camp Annapurna, Langtang dan Everest, IP Trail tidak pernah benar-benar lepas landas. Saya telah membaca bahwa enam tahun setelah dimulai, host ini hanya menampung sekitar 1.000 pengunjung (sebagian kecil dari 729.550 orang yang melakukan perjalanan ke Nepal pada tahun 2016 saja).

Dan gempa dahsyat yang melanda negeri ini pada tanggal 25 April 2015, merobohkan ruang keluarga dan homestay yang merupakan akomodasi pendaki yang paling banyak, menimbulkan pukulan, mendorongnya untuk dilupakan.

Tapi saya ingin pergi dan melihat sendiri apa yang telah terjadi pada komunitas pribumi. Dipersenjatai dengan aplikasi GPS dan hanya mengetahui bahwa akan memakan waktu sekitar tujuh hari untuk menempuh perjalanan sejauh 50 mil, saya naik bus dari Kathmandu ke Mude. Lima jam kemudian, saat turun di pasar utama kota perdagangan, sekelompok penduduk setempat mendekati bus dengan seekor kambing yang menendang dan memasukkannya ke dalam bagasi. Mereka juga mengatakan kepada saya bahwa satu-satunya cara untuk mencapai jejak IP di Dunghe kecil adalah berjalan sejauh 10 mil di sepanjang jalan truk yang tandus.

Saya menempuh tiga mil terakhir, mengakhiri hari pertamaku di sebuah rumah seperti kedai lokal, tempat pemberhentian truk dan wisma. Pemilik menemukan saya saat saya memasuki desa. Tempat tidur dasar dan sepiring hangat bahtera dal baht, nasi Nepal dan makanan pokok mawar, harganya hanya £ 3.

Keesokan paginya, saya mengikuti tanda panah hijau dan putih IP Trail yang masuk ke gunung, berjalan selama sekitar tiga jam melalui hutan pegunungan sampai saya mencapai stupa batu dan mengibarkan bendera doa di puncak Sailung setinggi 3.200 meter, titik jalur tertinggi. Pada hari yang cerah, situs Buddhis ini menawarkan pemandangan Himalaya Raya yang luar biasa.

Mengambil jalan yang benar di belakang Tiger Rock suci, saya memulai ke turunan 43 mil yang akan menempati bagian terbaik dari lima hari berikutnya. Saat makan siang saya berhenti di Kholakarka, sekelompok rumah sederhana berjarak 10 menit menurun dari puncak, mempertemukan saya dengan seorang biarawati muda berbahasa Inggris. Terkejut menemukan saya di sana, dia mengonfirmasikan bahwa gempa tersebut tidak hanya melanda wilayah ini dengan hantaman keras, namun juga mengganggu tetesan wisatawan yang mulai membawa penduduk asli menghasilkan pendapatan sampingan.

Dia membimbing saya melewati pohon-pohon yang tertutup lumut ke tempat penampungannya yang sederhana di samping sisa-sisa biara Rajveer bergaya Bhutan, diratakan ke fondasinya, di mana kami menghabiskan malam bertukar cerita dan segelas chai susu di sekitar perapian.

Menjelang siang, keesokan harinya saya berjalan lagi sejauh 10 mil melintasi perbukitan hijau bertingkat ke Surke, beberapa rumah terletak di dasar lembah yang dipenuhi bunga-bunga berwarna-warni. Wisma Surke yang ditunjuk oleh IP Trail adalah rumah bagi Krishna Shresta, kepala sekolah lokal yang ramah.

Untuk £ 5, Krishna menawari saya tempat tidur dan makan malam dengan dal baht yang kami makan dengan tangan kosong kami, duduk di antara keluarga di lantai dapur. Setelah minum teh, Krishna menunjukkan senapan dan kulit seekor harimau yang dia klaim telah tertembak di halaman belakang rumahnya sendiri. "Segera kita akan bisa menampung lebih banyak tamu," jelasnya.

Meski membutuhkan dana untuk mengganti kamar tamu lama yang hancur akibat gempa tersebut. Sejujurnya, pariwisata di IP Trail telah menjadi penemuan badan kepariwisataan Nepal, bukan penduduk setempat. Sebuah tinjauan singkat tentang tamu Krishna memberi kesaksian bahwa, sejak dibuka pada tahun 2011, homestaynya telah mendapatkan maksimal empat tamu per minggu.

Pada saat saya sampai di lembah Sun Koshi tiga hari kemudian, saya melewati Bazaar Galva yang kecil, berjalan ke kuil Hindu Khandahari yang suci, menyaksikan sebuah upacara pemakaman Buddha dimana para tamu berkabung dengan mabuk di atas nonsen lokal, dan bermalam di Doghme yang menyenangkan, desa yang paling tidak terpengaruh oleh gempa tersebut.

Sebuah keluarga menawari saya kamar dan papan dengan pemandangan lembah yang fantastis untuk £ 3. Di sana saya beristirahat selama sehari, mengunjungi danau kecil desa tersebut, berjalan kaki mendaki ke panorama Sunapati, dan berjalan-jalan di sekitar sebuah biara Budha yang megah yang dijaga.

Pada hari keenam saya, ketika berjalan sejauh mil terakhir ke Lubughat, saya lelah, lapar dan sangat membutuhkan mandi. Tapi desa terakhir ini mengalami kerusakan terburuk, dan satu-satunya tempat untuk mencuci sendiri adalah dasar sungai. Saya menghabiskan malam terakhir di sebuah ruangan sempit di bagian belakang struktur besi bergelombang yang reyot yang dibuka oleh pasangan Majhi sebagai pengganti aula komunitas yang sekarang kosong dan retak bagi turis.

Di bus kembali ke Kathmandu, saya memiliki perasaan yang lebih campur aduk daripada saat saya tiba seminggu sebelumnya. Jejak IP berjalan melalui area dataran rendah yang menakjubkan yang dihiasi oleh orang-orang yang ramah. Namun sebagian besar desa tidak dapat menawarkan fasilitas kepada para pelancong yang menginginkan kenyamanan lebih sedikit daripada kenyamanan dasar saja. Dan dengan situs warisan dunia UNESCO yang penting di Kathmandu masih dalam renovasi, tidak mungkin dewan pariwisata Nepal akan menuangkan dana ke jalur IP dalam waktu dekat.

Jadi sementara masyarakat adat yang mampu bertahan dalam gempa berkekuatan 8,1 skala Richter, kini nasib jejak mereka ada di tangan kita pengunjung. Sebelum memutuskan untuk mendaftar ke perjalanan klasik Annapurna, pikirkan Ramekhap, dan selisih yang bisa diperoleh uang dari para wisatawan di sana.

Jalan untuk pergi

Sangat mudah untuk menempuh jalan setapak secara mandiri, sehingga berkontribusi langsung pada penghidupan penduduk setempat. Cara termudah adalah memulai dari trail head di Dunghe dan mendaki ke Lubughat. Bus berbaris Ramechhap beroperasi setiap hari sampai Mude dari stasiun bus Ratna Park di Kathmandu pada pukul 06:30. Dari tikungan sungai lainnya di Lubughat, bus menuju perjalanan kembali lima jam ke Kathmandu melalui Nepalthok. Tidak perlu menyewa pemandu, tapi portir bisa membantu. Tidak perlu memesan akomodasi, karena para penduduk desa menyediakan homestay di sepanjang jalan. Sebagai alternatif, operator tur Nepal Hidden Treks menjalankan perjalanan grup sembilan hari yang terorganisir di jalan setapak.(kakiku kram/the guardian)